JakartaNasional

BSKDN Kemendagri Harap Pembinaan Inovasi Daerah Terus Ditingkatkan Guna Wujudkan Smart Government

FAJARLAMPUNG.COM – Jakarta, Sekretaris Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Kurniasih berharap, pembinaan inovasi daerah terus ditingkatkan guna mewujudkan smart government. Hal itu disampaikannya saat mewakili Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo membuka Rapat Penyusunan dan Finalisasi Penyempurnaan Peta Pembinaan Inovasi Daerah secara Lintas Kementerian/Lembaga. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Grand Mercure Jakarta, Selasa (17/10/2023).

Lebih lanjut, Kurniasih mengatakan, upaya pembinaan terhadap inovasi daerah perlu terus dikembangkan. Upaya ini tidak selalu harus dilakukan secara langsung, tetapi bisa juga secara virtual dengan memanfaatkan teknologi informasi. Cara tersebut menurut Kurniasih dapat menjadi solusi bagi daerah yang kesulitan melakukan konsultasi atau asistensi secara langsung.

“Kita bisa gunakan berbagai cara untuk melakukan pembinaan inovasi, dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin maju kita bisa melakukan konsultasi inovasi melalui surat, WhatsApp, email, maupun Zoom,” jelas Kurniasih.

Kurniasih berharap, peningkatan upaya pembinaan terhadap inovasi daerah dapat sejalan dengan pertumbuhan ekosistem inovasi di daerah yang semakin baik. Ekosistem ini akan sangat berpengaruh terhadap terwujudnya smart city dan smart regional. Hal ini penting karena merupakan cikal bakal transformasi organisasi pemerintahan Indonesia menjadi smart government. “Mari kita gerakkan inovasi daerah mulai dari desa hingga provinsi menuju Indonesia Emas 2045,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pembinaan inovasi yang dilakukan pihaknya memberikan keleluasaan bagi pemerintah daerah (Pemda) sesuai dengan kearifan lokal masing-masing. “Asistensi dapat memacu daerah melakukan kinerja-kinerja untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui inovasi,” ujarnya.

Sejalan dengan itu, Kepala Pusat Riset dan Inovasi Daerah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Andhika Ajie mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah DKI Jakarta bertahan di kala pandemi Covid-19 adalah dengan terus berinovasi. Upaya ini dilakukan dalam berbagai bidang terutama inovasi pelayanan publik seperti di bidang kesehatan.

Hingga saat ini, pihaknya tetap merawat semangat berinovasi melalui berbagai kegiatan salah satunya Jakarta Innovation Days yang sudah dilaksanakan dua tahun terakhir. “Sudah dilaksanakan pada tahun 2022 dan 2023 dengan tema yang berbeda, namun tujuannya sama yakni untuk memperkenalkan karya-karya inovasi Kota Jakarta yang dilaksanakan oleh pemerintah, swasta, akademisi, dan komunitas kepada masyarakat kotanya,” tandasnya.(wan)

Sumber: Puspen Kemendagri