Jokowi Ungkap Rencana Pulang ke Solo Setelah Pelantikan Prabowo-Gibran

FAJARLAMPUNG.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merencanakan untuk langsung kembali ke Solo, Jawa Tengah, setelah menghadiri pelantikan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024—2029. Acara pelantikan tersebut akan berlangsung pada 20 Oktober mendatang.

“Pada tanggal 20 Oktober 2024 sore, saya pulang ke Solo,” kata Jokowi saat ditemui usai menghadiri pembukaan BNI Investor Daily Summit 2024 di Jakarta Convention Center, Selasa (8/10).

Presiden menambahkan, ia tidak memiliki agenda lain setelah pelantikan dan berencana untuk beristirahat setibanya di Solo. “Pulang ke Solo dahulu, tidur,” ujarnya singkat.

Jokowi juga menyampaikan optimismenya terkait transisi pemerintahan yang dinilai berjalan lancar. Hal ini, menurut Jokowi, didukung oleh kehadiran Prabowo Subianto dalam berbagai rapat kabinet sejak ditetapkan sebagai calon presiden terpilih oleh KPU.

“Yang saya senang, persiapan menuju pelantikan ini berjalan sesuai rencana kerja, program, dan transisi pemerintahan berjalan dengan baik,” ungkap Jokowi.

Ia juga menambahkan, meski sebelumnya Prabowo hanya hadir dalam rapat terkait pertahanan, kini sebagai presiden terpilih, Prabowo aktif mengikuti seluruh rapat kabinet, baik terbatas maupun paripurna. (*)